DPC PBB KOTA BANDUNG MINTA PEMKOT BANDUNG MENGKAJI KEMBALI PERWAL PSBB NOMOR 21 TAHUN 2020 PASAL 12

 

REDAKSI | Rabu, 13 Mei 2020
 
BANDUNG, SL NEWS – DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Bandung minta Pemkot Bandung untuk mengkaji kembali Perwal PSBB Nomor 21 Tahun 2020 khususnya mengenai pasal 12 tentang pembatasan kegiatan keagamaan di rumah ibadah, salah satunya penghentian sementara beribadah di masjid/mushalla di tengah pandemi Covid-19 yang dianggap menyebabkan kerumunan massa. Kita minta Pemkot Bandung untuk melakukan pemetaan supaya tidak ada anggapan menghalangi orang beribadah.
 
Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dikaitkan dengan penyelenggaraan kegiatan di masjid/mushalla, harus dilakukan pemetaan yang jelas guna memperjelas tingkat darurat di suatu daerah (tingkat RW) terkait penyebaran Covid-19. Dalam analisa kita, jika kondisi bahaya sudah diatasi dengan menerapkan karantina bagi orang-orang yang terjangkit Covid-19, maka tidak perlu menghentikan kegiatan di masjid.
 
DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Bandung menilai, di banyak tempat seperti; di pasar atau tempat lainnya, masih banyak orang yang berlalu lalang hingga menimbulkan keramaian dan tidak bisa dikendalikan. Tapi di mesjid, sebenarnya bisa dikendalikan/dibatasi. Anehnya, kenapa kegiatan di mesjid atau rumah ibadah lainnya dihentikan sementara waktu? Padahal kegiatan di rumah ibadah bisa dikendalikan/dibatasi. Sementara masih banyak tempat-tempat lainnya yang justru menimbulkan keramaian dan bahkan tidak bisa dikendalikan, justru dibiarkan.
 
Yang harus dipahami, bahwa *PSBB adalah PEMBATASAN bukan PELARANGAN.*
 
Persoalan ibadah ini adalah soal keyakinan sangat mendasar dan merupakan hak yang tidak bisa dikurangi dalam keadaan apapun sesuai UU. Jadi harus bijaksana. Mengingat bahwa beribadah di masjid merupakan bagian dari hak dasar yang paling mendasar, Pemkot Bandung perlu menerapkan kebijakan yang hati-hati dan proporsional. Kebijakan yang tidak proporsional bisa batal demi hukum karena bisa dianggap melanggar konstitusi. Hal ini pula rentan menimbulkan gesekan atau konflik horisontal karena hak beragama merupakan hal yang paling dijamin dalam bernegara.
 
PSBB tahap 2 di Kota Bandung akan berakhir tanggal 19 Mei 2020, semoga tidak ada PSBB tahap 3, agar seluruh warga bisa kembali beraktifitas seperti biasa (tapi kewaspadaan harus terus ditingkatkan), khususnya ummat Islam menjelang akhir bulan ramadhan ini bisa kembali melaksanakan shalat tarawih berjama’ah di mesjid dan bisa melaksanakan shalat Iedul Fitri seperti biasanya serta merayakan kemenangan 1 syawwal 1441 hijriyah. Allahu Akbar Walilla Hilhamd.
 
Kita sama-sama berikhitiar dengan segala sarana yang Allah SWT telah jadikan sebab, sembari terus bertawakkal kepada-Nya. Kita melangkah bersama untuk mendukung setiap gerakan positif yang dilakukan demi kebaikan yang kita tuai bersama. Aamiin YRA.

Bandung, 20 Ramadhan 1441 H/13 Mei 2020
 
*FADLULLAH RUSYAD*
*_Ketua DPC PBB Kota Bandung_*
 
*NONO MULYANA*
*_Sekretaris DPC PBB Kota Bandung_*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *